Minggu, 18 Februari 2018

MACAM-MACAM PERBEDAAN VERSI ANDROID

Macam-Macam Perbedaan Versi Android

  • Cupcake
Dalam ulasan mengenai penjelasan perbedaan macam-macam versi android, yang pertama adalah cupcake (1.5) yang dirilis Mei 2009. Dalam versi ini adalah pertama kalinya Google menjadikan nama makanan sebagai nama OS android. Sebagai versi yang sudah lawas, perlu diketahui bahwa versi ini adalah pengembangan dari versi 1.1, perubahan dalam versi ini dinilai cukup banyak, di antaranya adalah pengunggah video ke youtube, aplikasi headset nirkabel, tampilan keyboard di layar, serta tampilan gambar-gambar bergerak yang atraktif, dalam versi ini mulai diperkenalkan widget yang dapat dibesar dan kecilkan ukurannya.
Penjelasan perbedaan macam-macam versi android selanjutnya adalah versi donut (1.6), versi ini dirilis 4 bulan setelah cupcake dilempar ke pasaran. Tentunya versi pembaru dari versi sebelumnya ini memiliki banyak perkembangan di antaranya adalah pada bagian fitur pencariannya yang llebih bersahabat, selain itu juga sudah mendukung untuk jaringan EVDO/ CDMA. Versi ini juga sudah bisa menayangkan indikator baterai pada layar. Ditambah lagi di versi ini kita juga sudah bisa menentukan file-file yang ingin dihapus, zoom in dan zoom out di setiap tampilan gambar juga mulai bisa digunakan.
  • Eclair
Selanjutnya dalam penjelasan perbedaan macam-macam versi android akan dibahas versi eclair (2.0). versi ini diluncurkan 3 bulan setelah cupcake. Pengembangan versi eclair ini merupakan penanda dobrakan platform android di pasar iptek, dan membuat banyak perusahaan smartphone yang tertarik menggunakan produk besutan dari Google ini. Dalam versi ini terdapat perkembangan yang tak kalah baiknya dengan versi sebelumnya, di antaranya pengoptimalan google maps, perubahan browser dengan bantuan HTML, daftar kontak, flash untuk kamera 3,2 MP, tak ketinggalan digital zoom, dan blutooth 2.1. versi ini juga menyediakan update di antaranya versi 2.0, 2.0.2, dan 2.1.
  • Froyo
Android Versi Froyo
Android Versi Froyo
Selanjutnya dalam penjelasan perbedaan macam-macam versi android akan dibahas versi froyo (2.2). versi ini dirilis 5 bulan setelah versi eclair merajai pasar, tepatnya 20 Mei 2010. OS ini pertama kali diaplikasikan pada google nexud one. OS versi ini memiliki beberapa update yang tak kalah menarik dibandingkan versi sebelumnya, di antaranya adalah pembenahan aplikasi serta tampilannya, penambahan kapasitas micro SD juga sudah dapat dinikmati dalam versi ini. Dalam versi ini juga ditambahkan adobe flash player, sehingga 10.1. Dalam perkembangannya versi ini sering disejajarkan dengan iOS, dan diperkirakan akan bersaing ketat hingga beberapa tahun ke depan.
  • Gingerbread
Android Versi Gingerbread
Android Versi Gingerbread
Selanjutnya dalam penjelasan perbedaan macam-macam versi android akan dibahas versi gingerbread (2.3). versi ini dirilis 7 bulan setelah versi sebelumnya melejit, dalam versi ini sudah dapat dinikmati layanan video call, secara tampilan OS ini lebih menarik karena sudah menggunakan dual camera, ditambah lagi dalam versi sudah dapat dinikamti layanan games berbasis mobile android. Terjadi banyak peningkatan dibandingkan versi sebelumnya, versi ini drirancang untuk meningkatkan kualitas game dan aplikasi yang lebih mumpuni. Terdapat beberapa versi update di antaranya adalah versi 2.3.3 dan versi 2.3.7. Versi ini memiliki pengguna yang sangat banyak dibanding versi OS lainnya.
  • Honeycomb
Selanjutnya dalam penjelasan perbedaan macam-macam versi android akan dibahas versi honeycomb (3.0). pada bulan Mei 2011 versi ini dilepas ke pasara, smartphone pertama kali yang menggunakan adalah Motorola Xoom. Versi ini didesain untuk penggunaan tablet yang mulai naik daun. Halaman pengguna yang digunakan dalam versi ini sangat berbeda dari smartphone lainnya. Keunggulan dari versi ini adalah hardware semakin besar, sehingga tablet semakin nyaman ditangan pengguna.
  • Ice Cream Sandwich
Android Versi Ice Cream Sandwich
Android Versi Ice Cream Sandwich
Selanjutnya dalam penjelasan perbedaan macam-macam versi android akan dibahas versi ice cream sandwich (4.0). versi ini dirilis pada tahun yang sama, yaitu bulan Oktober tahun 2011. Dalam versi android ini disematkan berbagai fitur yang lebih banyak daripada versi sebelumnya, antara lain adalah fitur yang memaksimalkan fotografi, grafis, resolusi gambar, kualitas video, sistem penganal wajah, dan masih banyak fitur-fitur menarik lainnya yang dapat menarik konsumen.
  • Jelly Bean
Android Versi Jelly Bean
Android Versi Jelly Bean
Selanjutnya dalam penjelasan perbedaan macam-macam versi android akan dibahas versi jelly bean (4.1). Versi ini adalah salah satu versi OS yang sangat digandrungi oleh masyarakat dewasa ini. Raksasa smartphone yang menggunakan OS ini adalah vendor asala Taiwan (ASUS). Keunggulan dari OS ini di antaranya adalah peningkatan kemampuan on-screen keyboard yang lebih cepat dan responsif dan beberapa fitur-fitur menarik lainnya yang disinyalir lebih menarik daripada versi sebelumnya.
  • Kit Kat
Selanjutnya dalam penjelasan perbedaan macam-macam versi android akan dibahas versi kitkat (4.4). Versi ini dirilis pada 4 September 2014, keunggulan dari versi ini di antaranya adalah resolusi yang dinilai dapat meningkatkan fitur-fitur game berbasis 3D.
  • Lollipop
Selanjutnya dalam penjelasan perbedaan macam-macam versi android akan dibahas versi lollipop (5.0). Versi ini memfokuskan pada desain dan performa, sehingga lebih nyaman digunakan, ditambah pula kapasitas baterai yang lebih tinggi daripada versi sebelumnya. OS ini dinilai lebih baik apabila digunakan untuk gaming, dan aplikasi-aplikasi yang memerlukan resolusi tinggi.
  • Marshmallow
Android Versi Marshmallow
Android Versi Marshmallow
Semakin berkembangnya zaman android merilis OS versi terbarunya, dalam penjelasan perbedaan macam-macam versi android akan dibahas versi marshmallow (6.0). yang mejadi sorotan utama dari OS paling baru ini adalah native finger scanner support serta indivdual app permission. Native finger scanner support akan memberikan dukungan kepada vendor smartphone untuk menampilkan fiture finger scanner pada produk gadget milik mereka dengan bantuan OS teranyar ini. Indivdual app permission pada OS ini akan memberikan akses khusus pada user untuk menentukan apakah aplikasi tersebut mendapat izin dari pengguna gadget. Dari fitur-fiur yang disediakan dari OS seri M ini dinilai memiliki tingakt privasi yang sangat tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar